Pages

Nov 7, 2011

Delegasi Indonesia dan Malaysia Melakukan Perundingan Diplomasi

Delegasi Republik Indonesia dan Kerajaan Malaysia mengadakan pertemuan informal terkait perundingan perbatasan kedua negara di Kota Kinabalu, Minggu (5/9). Ini merupakan pertemuan pertama kedua pihak setelah insiden Tanjung Berakit, Riau, 13 Agustus 2010.

Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya KBRI di Malaysia Widyarka Ryananta, yang ditemui wartawan Kompas Iwan Santosa di Kota Kinabalu, mengatakan, pertemuan sudah berlangsung secara informal di antara delegasi kedua negara.

”Isi materi belum disampaikan. Besok Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa akan datang bersama Duta Besar RI Tan Sri Da’i Bachtiar untuk bertemu Menteri Luar Negeri Malaysia Hanifah Aman,” ujar Widyarka.

Tidak diungkapkan apakah insiden penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan RI oleh Kepolisian Laut Diraja Malaysia di Perairan Tanjung Berakit, Bintan, pertengahan Agustus itu akan dibahas dalam sesi khusus atau tidak.

Beberapa pejabat RI terlihat di Hotel Pacific di Sutera Harbor Resort di selatan Kota Kinabalu, Malaysia. Salah satunya adalah Arif Havas Oegroseno, pakar perjanjian internasional yang akan menempati jabatan baru sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Belgia.

Widyarka mengatakan, kemungkinan besar hasil pertemuan hari Senin ini akan disampaikan bersama oleh pihak RI dan Malaysia.

Sementara Sekretaris Menteri Luar Negeri Malaysia Melvin Datuk Hanifah yang dihubungi Kompas mengatakan, pertemuan akan berjalan sesuai rencana. ”Dijadwalkan ada jumpa pers bagi para wartawan,” ujar Melvin.

Dalam pantauan di Kota Kinabalu tidak terlihat persiapan khusus menyambut perundingan RI-Malaysia. Kehidupan warga berjalan normal di Sabah, yang baru saja menyambut hari ulang tahun Malaysia dan segera menggelar perayaan Idul Fitri.

Daftar kedatangan delegasi RI mencantumkan 25 nama pejabat dari pelbagai instansi. Instansi pemerintah yang terlibat mencakup perwakilan TNI, KBRI Kuala Lumpur, sejumlah atase dan perwakilan Polri, Kementerian Luar Negeri Jakarta, dan Kementerian Pertahanan.

Marty Natalegawa dan Tan Sri Da’i Bachtiar dijadwalkan tiba di Kota Kinabalu pukul 11.35 waktu setempat. Pertemuan diagendakan berlangsung di Hotel Le Meridien, Kota Kinabalu. Semula dikabarkan pertemuan dilangsungkan di resor wisata mewah Bunga Raya, yang ditempuh satu jam perjalanan laut dari Kota Kinabalu.

0 komentar:

Post a Comment