Pages

Oct 8, 2011

Bersahabat Dengan Perubahan


 
Oleh:
Maria Ulfa 
Perubahan bersifat pasti dan tidak bisa dihindari maupun ditolak. Setiap perubahan pada diri manusia memberika ruang seluas-luasnya untuk memiisa berdalih jalan selanjutnya. Karena itulah setiap perubahan butuh untuk disikapi dan diantisipasi. Setiap perubahan bisa memberi dampak positif juga bisa berdampak negatif. Lapangan pekerjaan yang sempit, usia makin menua, anak-anak tumbuh dewasa, polusi udara, masalah kesehatan, perubahan cuaca dan segala perubahan lain bisa berdampak sangat buruk bahkan membuat stress. Ada beberapa kunci yang akan membawa kesuksesan kita dalam menghadapi perubahan.

1. Keyakinan,
Sebagian besar kesuksesan dan terwujudnya mimpi dan cita-cita terjadi karena keyakinan kita. Dalam dunia kedokteran, keyakinan juga menjadi obat terampuh bagi pasien. Seorang yang yakin bahwa ia bisa sembuh, maka ia telah menyuntikkan sendiri obat kesembuhan dalam dirinya. Sedangkan obat-obatan hanyalah pemicu saja. Sama halnya dalam kehidupan, seseorang yang yakin bisa meraih cita-citanya, maka setengah keberhasilan telah ia kantongi. Otaknya secara alami merespon, hormon adrenalinnya mengalir, hatinya bersemangat dan teguh, seluruh peredaran darahnya mengalir lancar seakan mendukung ia melakukan aktivitas yang menuju terwujudnya sebuah cita-cita. Keyakinan untuk sukses akan membuat seluruh alam semesta mendukung. Tidak hanya tubuh kita yang memberi dukungan, namun seluruh alam semesta ini mulai dari keluarga kita, sopir angkot, dosen kita, rekan bisnis kita, cuaca, kendaraan, dan semua hal di sekita kita memberikan dukungan penuh agar semua terwujud. Mulai sekarang, jika anda punya sebuah cita-cita maka bangunlah keyakinan yang kuat, ikuti dengan langkah pertama yang paling awal, paling ringan dan palind mampu anda lakukan untuk mewujudkan lalu amatilah sekeliling anda. Anda akan menemukan dukungan Allah pada anda dengan menurunkan dukungan alam semesta di sekitar anda. Teruskan langkah anda dengan bekerja keras mewujudkan mimpi anda dan lihatlah bahwa kesuksesan tiba-tiba menghampiri anda.

2.Etika
Setelah anda mempunyai keyakinan, jagalah etika anda. Karena sesuatu yang baik hanya bisa diperoleh hanya dengan cara yang baik. Etika juga memegang peranan penting untuk mendatangkan dukungan alam semesta pada cita-cita anda. Prinsip ini harus dijaga karena sebuah kesuksesan dibangun dari sebuah kebijaksanaan, penghormatan, keagungan perilku dan kesantunan. Tanpa itu semua, sebuah kesuksesan hanyalah keberhasilan semu yang tak membahagiakan. Hanya mereka yang sukses dengan beretika yang benar-benar disebut manusia sukses sejati. Sukseslah dengan menjaga etika, maka kebahagiaan akan mengguyur kehidupan anda tiap detiknya.

3.Kejujuran dan integritas
Kejujuran merupakan pondasi keutuhan pribadi sedangkan integritas adalah sikap total dalam meraih kesuksesan yang bermartabat. Kedua hal ini begitu pentig dalam perjalanan menghadapi perubahan. Kehidupan yang semakin tidak bersahabat, kriminalitas yang menggurita, lapangan pekerjaan yang kian sempit dan berbagai masalah social yang tiap hari kita hadapi adalah bentuk dari perubahan-perubahan yang kadang berat untuk dihadapi. Karena itulah, agar tetap teguh dan tidak mudah rapuh, kita perlu meletakkan kejujuran dan integritas dalam wacana berpikir kita. Seseorang yang jujur mengakui kelemahan diri akan lebih mudah menerima masukan, mau belajar lebih giat, mampu bekerja lebih baik dan berusaha lebih keras. Sedangkan sesorang yang jujur mengakui kelebihan diri akan mudah tersulut semangatnya untuk berkarya, berekplorasi, memikirkan ide-ide baru untuk menghadapi perubahan.. Integritas merupakan langkah lanjutan dengan bekerja professional, memberi yang terbaik dan mengupayakan segala hal untuk berbuat yang terbaik. Perubahan macam apapun tak akan mampu membuat kita jatuh selama kejujuran dan integritas selalu kita jaga.

4. Bertanggung jawab
Perubahan selalu akan kita hadapi dan akan berakhir manjadi masalah berat jika kita tak mengambil tanggung jawab untuk memberi solusi. Pada tiap kehidupan manusia, perubahan demi perubahan adalah pemicu keputusasaan. Mengapa?. Karena perubahan memaksa seseorang meninggalkan zona nyamannya untuk berpikir kreatif secara bertanggunga jawab untuk menyelesaikan dampak perubahan itu. Resesi ekonomi memberikan perubahan besar pada lapangan kerja, biaya pendidikan dan kehidupan sosial. Meratapinya akan memperburuk situasi. Mengambil alih masalah tersebut dengan mencari solusi secara bertanggung jawab, bekerja penh dedikasi minimal untuk diri sendiri adalah upaya untuk menang menghadapi perubahan. Hidup kita juga jauh lebih bersemangat, bermakna dan bahagia. Mengapa?. Karena hakikatnya orang yang bertanggung jawab pada dirinya, pekerjaanya, keluarganya atau lingkungannya adalah orang-orang yang telah meraih sebagian kebahagiaan dalam diri pribadinya tanpa ia sadari.

5. Profesionalisme
Kesuksesan membutuhkan sumber bahan bakar berupa profesionalitas atau kecintaan pada pekerjaan apapun bentuknya. Banyak sekali contoh kesuksesan yang didapatkan seseorang ketika ia mencoba profesioanal dengan melakukan pekerjaan sebaik baiknya. Anda pasti kenal Thomas Alfa Edison. Penemu lampu yang menghabiskan waktu untuk melakukan percobaan hampir seribu kali namun selalu gagal. Namun sikap profesionalnya membuat ia tak goyah. Ia mencintai pekerjaannya dan kegagalan tak membuat ia patah semangat hingga ia sukses menghasilkan penemuan hebat yang menerangi kehidupan kita hingga saat ini. Kesuksesan meminta waktu muda, kuat, dan sehat Anda, bukan waktu tua, sakit dan lemah anda. Jadi mulailah bekerja profesional meski dalam urusan mengatur pola makan, pendidikan anak, membersihkan rumah, menjaga kesehatan hingga pekerjaan kantor anda.
 
 

0 komentar:

Post a Comment