Pages

Oct 9, 2011

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Siapa yang tidak ingin kerja dan mendapatkan penghasilan? Semua orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidup, baik kehidupan diri sendiri maupun keluarga. Mendapatkan kerja terasa lebih mendesak bagi yang baru saja menamatkan studi.

Ijazah dan keahlian sesuai dengan bidang studi yang ditempuh sungguh sangat penting. Namun ada hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah Surat Lamaran Kerja. Surat yang baik akan ikut membantu seseorang mendapatkan kerja yang ia lamar. Berikut akan disampaikan cara membuat surat lamaran kerja yang baik.

Yang pertama perlu dicantumkan dalam surat lamaran kerja adalah tanggal pembuatan surat, kemudian perihal surat, yang tentunya adalah lamaran pekerjaan. Berikutnya adalah tujunan sari surat tersebut, yaitu perusahaan atau lembaga tempat Anda ingin melamar pekerjaan.

Di bawah tujuan surat adalah sapaan. Anda bisa menggunakan Dengan hormat untuk sapaan. Kalau perusahaan tersebut berbasiskan Islam, sapaan lebih baik menggunakan Assalamu'alaikum.

Kemudian Anda perlu memberitahukan dari mana informasi lowongan pekerjaan tersebut didapatkan dan apa alasan Anda untuk bergabung.

Sebutkan hal-hal apa saja yang dilampirkan sesuai dengan permintaan, seperti daftar riwayat hidup, foto kopi ijazah, dan foto terbaru. Berikan penutup surat dan cantumkan nama lengkap Anda.

Ada kalanya Anda menyampaikan surat lamaran tersebut melalui email. Ketika surat dikirim melalui email Anda perlu memindai atau menscant beberapa dokumen. Untuk daftar riwayat hidup ada baiknya dikonversi ke PDF. Seluruh data yang dilampirkan dilampirkan di lampiran atau attachment.

Berikut adalah Contoh Surat Lamaran Kerja

Malang, 12 Agustus 2011

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Direktur CV Inspire Consulting
Jl. Cakalan Kav. Auri No. 5 Malang 65128 Jawa Timur


Dengan hormat,

Setelah membaca surat kabar Malang Post, saya mendapatkan kabar bahwa CV. Inspire Consulting sedang ingin mengembangkan Divisi Publikasi dan Pemasaran.

Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan CV. Inspire Consulting.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup

  1. Foto copy ijazah S-1

  1. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan

  1. Pas foto terbaru


Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,



Ninis Wulansari

0 komentar:

Post a Comment