Pages

Oct 8, 2011

Manfaatkan Barang Bekas Dan Selamatkan Bumi Kita


Oleh:
Shelly
Bumiku sayang, bumiku malang, kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan bumi kita sekarang. Bagaimana tidak? lihat saja berbagai permasalahan lingkungan yang timbul tenggelam tiada hentinya mulai dari permasalahan klasik seperti sampah sampai isu global warming yang menjadi perbincangan di seantero bumi ini. Sadarkah kita bahwa permasalahan lingkungan di bumi kita semakin lama semakin pelik dan semakin sulit pula diatasi.

Sampah, satu permasalahan lingkungan yang selalu saja menjadi masalah yang seolah tiada henti dan menjadi penyebab terjadinya bencana banjir dan polusi yang berdampak buruk bagi kesehatan? tanpa kesadaran kita akan hal itu sampai kapanpun sampah akan tetap menjadi permasalahan serius.

Sampai kapan kita akan terus seperti ini? tidak adakah sedikitpun perasaan bersalah pada bumi kita? tempat kita hidup, bertumbuh dan berkembang diatasnya? mari kita mulai menyelamatkan bumi kita tercinta ini, salah satunya dengan memanfaatkan barang - barang bekas dan selamatkan bumi kita.
Sebenarnya kalau kita jeli dalam memanfaatkan barang-barang kita yang biasanya habis pakai sepah dibuang, (he..he..) kita bisa mendapatkan keuntungan ganda, pertama kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk hal – hal yang berguna , kedua kita bisa mendapatkan keuntungan financial dari hasil kerajinan kita tersebut, ketiga memberikan kita kesempatan untuk berwira usaha, keempat, kita bisa menggeliatkan ekonomi rumah tangga dan secara otomatis bisa mengurangi tingkat pengangguran dan tentunya mengurangi sampah dan mengurangi beban bumi kita tercinta.

Tapi, semua ini tadak akan pernah berhasil kalau kita tidak mencoba untuk terus mengasah sisi kreatif kita, padahal ada banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Misalnya, gelas bekas air mineral bisa diubah menjadi hiasan dekorasi yang cantik untuk memperindah tenda, atau dijadikan dekorasi pada acara-acara seperti 17 agustusan atau juga untuk dekorasi tenda pernikahan, caranya gampang, tinggal dibersihkan kemudian dicat dengan warna – warna cantik dan setelah cat kering kita buat lubang di bagian bawah gelas dengan paku yang dipanaskan, lalu pasang pita atau tali warna warni dan ditata dengan apik sedemikian rupa sehingga memberikan warna-warni dalam dekorasi kita.

Lalu baju – baju berlengan panjang yang sudah mulai kehilangan warna atau modelnya sudah mulai ketinggalan zaman, bisa kita manfaatkan dan kita ubah menjadi sebuah tas, caranya gampang, tinggal kita jahit bagian bawah baju tersebut kemudian potong bagian kerahnya lalu pasang retsleting atau obras aja tepiannya dan pasang kaitan untuk penutupnya, lalu lengan baju diikat membentuk pita simpel sehingga membentuk tali untuk tas tersebut, terakhir, tinggal percantik lagi tas recycle ini dengan pita, manik dan renda. Atau baju berlengan pendek yang agak sedikit susah kalau dijadikan tas, dapat kita ubah menjadi keset kaki atau serbet untuk mengangkat panci atau wajan, untuk membuat keset tinggal kita potong baju tersebut kira – kira 5x5 cm, kemuadian bentuk menjadi segitiga dengan cara melipatnya dan jahit pada potongan besar sesuai ukuran keset yang akan kita buat.

Sebenarnya yang kita perlukan hanyalah kreatifitas kita untuk mengubah barang – barang tersebut menjadi barang baru dengan kegunaan yang baru, selain gelas plastic air mineral dan baju tadi, masih banyak barang bekas lainnya yang bisa kita manfaatkan, seperti botol air mineral, minuman atau soft drink, kertas koran, botol infus, batok kelapa dan masih banyak lagi hal yang harusnya tidak semestinya berakhir begitu saja di tong sampah kita. Dengan sentuhan kreativitas ini, tidak hanya menyelamatkan bumi kita dari sampah, tetapi juga dapat kita manfaatkan untuk menggeliatkan sector ekonomi rumah tangga kita. So, selamat mengasah kreativitas..

0 komentar:

Post a Comment