Pages

Oct 8, 2011

Tips Menghadapi Stres



Semua manusia mempunyai masalah yang tak jarang menghadapkan mereka pada situasi stres atau tertekan. Jika stres masih dalam keadaan wajar, tidak masalah. Namun jika stres telah melampaui ambang batas kemampuan seorang manusia, maka hal itu membahayakan bagi dirinya, keluarganya bahkan orang-orang di sekitarnya. Anda mengalami stres?. Jika ya, anda perlu membaca beberapa tips berikut agar stres anda berkurang bahkan hilang sehingga anda mendapat jalan keluar atas masalah anda.

1. Relax body, soul and mind/santai.
Istirahatlah sebentar, mundurlah beberapa langkah, manjakan diri sejenak, keluarlah dari rutinitas, menyendiriah, matikan hp, telpon, tv sejenak, hirup udara segar, berdoalah, menangislah, dan diamkan diri sejenak. Lalu anda akan merasa lahir kembali dan mampu melihat masalah dan solusi lebih jelas.

2. Trust/Keyakinan.
Yakinkan terus anda bisa melampaui semua. Jaga terus keyainan bahwa anda mampu menemukan solusi. Tidak ada gunung yang terlalu tinggi untuk dicapai jika kita yakin diri kita bisa melakukannya dan mempercayai keyakinan itu.

3.Balance/keseimbangan.
Jaga keseimbangan diri anda baik fisik, fikiran atau kesehatan jiwa anda. Tetaplah makan makanan bergizi, berolahraga, baca buku atau Koran atau apapun yang memeberi anda hal baru dan teraturlah beribadah, meditasi dan merenung. Tidak akan ada kegagalan jika seseorang tahu kapan dirinya harus menggunakan seluruh kekuatan dirinya dan kapan ia mengambil beberapa waktu untuk memperbaharuinya.

4. Hadapi tantangan.
Gunakan waktu stres anda sebagai kesempatan untuk menemukan siapa diri kita. Selanjutnya kita akan menjadi pribadi hasil dari tantangan yang sudah kita hadapi seperti: teguh, cengeng, kuat dll.

5.Berani.
Tanamkan selalu dalam diri anda bahwa anda seorang yang berani menghadapi masalah dan anda telah berhasil diwaktu-waktu lampau. Kunci utama mencapai kesuksesan adalah berani, memberanikan diri dan bersikap berani untuk sukses.

7.Bermimpi.
Saat stres mendera, tetaplah bercita-cita dan bermimpi. Hal itu akan menyeimbangkan ketegangan dalam otak anda dan memberi anda aliran harapan yang menjadi tenaga dalam darah anda, dalam tubuh anda dan jiwa anda. Mimpi akan berhenti menjadi mimpi saja kecuali mimpi itu kita yakini akan dapat kita raih. Maka bermimpilah.

8.Keteguhan.
Batu pecah bukan karena dikapak, ia pecah oleh tetesan air hujan yang penuh keteguhan.Mimpi kita tercapai bukan karena pendidikan kita atau uang kita tapi karena keteguhan yang terus menenrus kita rawat hingga mimpi kita menjadi kenyataan. Berteguh hatilah sebentar dengan kesabaran, maka jalan keluar akan segera muncul tanpa anda sangka-sangka.

9.Sharing dan Bekerjasama.
Banyak masalah yang menjadi lebih ringan jika kita cari solusinya bersama-sama. Membicarakan bersama dengan orang yang berkompeten atau orang terdekat menjadi satu solusi tersembunyi yang melegakan meski kadang solusi sebenarnya belum ditemukan. Kerjasama sebuah tim akan memberikan nilai kebahagiaan yang tidak akan kita dapat jika bekerja sendiri.

10. Tenang.
Jaga ketenangan hati dan pikiran. Jangan menyimpan dalam hati dan menumpuk-numpuk masalah. Berteriaklah sepuasnya jika itu membuat anda tenang kemudian. Katakan pada diri anda, "Tenang, tenang, aku pasti mampu mengatasinya". Ucapkan berulang kali pada diri anda sendiri atau pada orang disekitar anda. Sugesti ini akan menjadi stimulus otak kanan dan otak kiri anda untuk memacu adrenalin dan mambangunkan sel-sel yang tidur untuk bekerja menemukan solusi masalah anda.

11. Pecah masalah besar menjadi masalah kecil-kecil.
Jika masalah anda besar, pikirkan langkah paling ringan untuk menyelesaikannya. Misakan anda menghadapi masalah rumah yang sangat berantakan sedang anda seorang diri. Pecahkan masalah dengan membagi bagian mana saja yang harus dibersihkan lalu kerjakaan yang paling ringan dulu misalnya membersihkan dan mengatur tempat tidur untuk hari itu. Esoknya lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi dst. Petakan kekuatan anda dan atur waktu untuk menyelesaikannya. Anda akan tercengang karena masalah anda kemudian terasa begitu ringan. Selamat mencoba (ulfa_sidoarjo)
 

0 komentar:

Post a Comment