Pages

Oct 8, 2011

Memanfaatkan Software Gratis


Perkembangan teknologi komputer dan jaringan begitu cepat seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat modern. Banyak sekali peralatan-peralatan kehidupan yang menggunakan bantuan teknologi komputer untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam berbagai bidang meliputi bidang grafis, industri, accounting dan berbagai macam pekerjaan yang bersifat otomatis. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara manual lambat laun akan tergantikan dengan pekerjaan yang bersifat otomatis. Karena pada dasarnya manusia lebih senang pekerjaannya diselesaikan dengan cepat dan tanpa harus banyak mengeluarkan keringat.

Perkembangan tersebut tidak lepas dari peran programmer yang selalu menciptakan terobosan baru yang berlandaskan kebutuhan pasar. Namun, untuk mendapatkan software baru tersebut tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan oleh orang yang ingin memanfaatkannya. Hal ini tidak lepas dari langkahnya tenaga ahli dalam negeri yang mendalami ilmu-ilmu pemograman dikarenakan lemahnya perlindungan terhadap kekayaan intelektual karena negeri kita gemar membajak karya orang lain. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi pendidikan di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa yang berkantong tipis.

Namun adanya teknologi jaringan diharapkan dapat membantu para pemakai yang berkantong tipis dengan memanfaatkan aplikasi software gratis (Open Source) yang banyak ditawarkan di internet. Banyak sekali aplikasi software gratis yang bisa dimanfaatkan seperti aplikasi desain grafis semisal Photobie, Wizardbrush, dan sebagainya. Aplikasi software juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana hiburan bagi semua kalangan. Namun, sebelum mendownload suatu aplikasi ada baiknya kita memperhatikan hal-hal yang dapat mengoptimalkan program tersebut seperti: ukuran file, bentuk file, dan yang penting adalah keamanannya dari serangan virus baik lokal maupun dari luar.

Mengenai biaya kita tidak usah khawatir, cukup membayar sewa rental warnet ataupun program yang anda ikuti. Selanjutnya, siapkan hal-hal sebagai berikut:

1. Siapkan list-list program atau software aplikasi yang dibutuhkan,
2. Periksa space atau memori yang dibutuhkan,
3. Periksa keamanan komputer yang digunakan untuk mengunduh,
4. Pilih program yang benar-benar open source sehingga anda tidak membajak karya orang lain,
5. Pastikan file yang diunduh tidak bervirus,
6. Pilih program yang bersifat portable karena alasan efisiensi,
7. Dan yang terakhir adalah ketersediaan komponen.

Nah bagaimana mudah bukan ? Oke mungkin itu sedikit saja tips dari saya. Semoga bermanfaat.
 

0 komentar:

Post a Comment