Pages

Oct 8, 2011

Menggali Tambang Emas Yang Terpendam

Kita sebagai manusia tentunya memiliki potensi dan jiwa yang dahsat. Hal ini perlu kita ketahui. Bagaimana caranya menggali tambang emas atau potensi yang terpendam itu adalah sebagai berikut:

1. Sadarilah bahwa Anda dikarunia oleh Tuhan satu atau lebih talenta, bakat atau kemampuan khusus atau apapun namanya adalah sebuah tambang emas yang mesti digali. Tambang emas itu tidak saja memperkaya hidup Anda tetapi juga berdampak pada orang lain. Misalnya, Anda mahir bermain musik, itu berarti berguna bagi Anda dan dapat menghibur orang lain.

2. Berkonsultasilah dengan Bakat yang Anda miliki. Bila Anda kesulitan menemukan bakat Anda, tidak ada salahnya Anda bertanya kepada orang yang Anda percayai seperti sahabat, orang tua, guru bahkan tidak ada salahnya Anda berkonsultasi kepada psikiater tentang bakat yang Anda miliki.

3. Demontrasikan kemampuan Anda dihadapan orang lain. Ini tidak saja akan menentang Anda meningkatkan kualiatas Anda, tetapi juga bisa untuk mencari peluang agar kemampuan Anda berkembang.

4. Ujilah kemampuan Anda dengan mengikuti berbagai lomba. Yang penting bukan menang atau kalahnya tetap bisa memotivasi Anda untuk mempertajam kemampuan Anda dan mengenali titik kelemahan Anda. Ambil pelajaran yang berharga dari setiap kekalahan.

5. Tingkatkan kemampuan Anda seoptimal mungkin. Bila Anda punya bakat menulis, belajarlah cara menulis yang baik, bacalah buku-buku mengenai teknik menulis dan kalau memungkinkanikutilah kursus menulis. Jangan puas menjadi penulis yang biasa-biasa saja kalau Anda punya potensi untuk menjadi penulis yang cemerlang, Jadilah profesi dalam bidang Anda.

6. Fokuskan perhatian Anda pada kemampuan khusus Anda. Kalau Anda jago main billiard, tentu saja tidak ada salahnya Anda bisa berenang, tennis, atau olahraga yang lainnya. Namun sebaiknya Anda lebih fokus pada bakat Anda agar waktu dan kesempatan yang ada bisa dipergunakan lebih efektif.

7. Ideal sekali kalau pendidikan Anda sesuai dengan kemapuankhusus Anda dan kelak Anda pun bekerja pada bidang yang betul-betul Anda minati. Bila Anda punya kemampuan bicara, mungkin Anda akan menikmati profesi Anda sebagai Pengacara atau penceramah. Namun ssma sekali tidak masalah kalau pendidikan dan pekerjaan Anda tidak sesuai dengan kemampuan khusus Anda. Toh, kita melihat ada doter yang menikmati hobi melukisnya.

8. Syukurlah karunia khusus yang Anda miliki. Biarkan kemampuan khusus Anda membuat hidup Anda lebih berarti, lebih mnyenangkan dan lebih berguna bagi orang lain.
 

0 komentar:

Post a Comment