PROGRAM MATEMATIKA TERAPAN
SERI:
MATEMATIKA MANIA
EPISODE:
LUAS VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
PENULIS:
NAIJAN LENGKONG
DISETUJUI
PENGKAJI MATERI PENGKAJI MEDIA
PUSTEKKOM DEPDIKNAS
TELEVISI EDUKASI
SIGMA PLUS
TAHUN 2008
IDENTIFIKASI PROGRAM
01. KATEGORI : FORMAL KTSP
02. MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
03. SASARAN : SISWA SMP KELAS 9
04. JUDUL : LUAS VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
05. STANDAR KOMPETENSI : Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya
06. KOMPETENSI DASAR : Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
07. INDIKATOR :
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume gabungan tabung dan kerucut
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume gabungan tabung dan bola
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume gabungan kerucut dan bola
08. MATERI POKOK : Volume bangun ruang sisi lengkung
09. PENULIS : NAIJAN LENGKONG
10. PENGKAJI MATERI : DR. WARDHANI RAHAYU, M.Si.
11. PENGKAJI MEDIA : DEDI SETIADI
12. SINOPSIS :
Segmen #1
Diawali dengan sajian tempat air minum berbentuk tabung yang terbuat dari plastik di atas meja. Tiba-tiba muncul tangan mengambilnya. Cut to seseorang membawa tempat air minum berbentuk tabung yang ditaruh di kantung berbentuk jaring tas punggungnya. Pembahasan tentang pentingnya membawa air minum yang sudah dimasak selain sehat juga hemat dibahas ringkas, mengerucut pada pembahasan tempat air minum tabung(volume bangun ruang tabung). Sajian dilanjutkan dengan ramainya anak-anak pramuka berkemah dengan menggunakan tenda kerucut. Pembahasan perkemahan pramuka dibahas ringkas mengerucut pada pembahasan tenda kerucut(volume bangun ruang kerucut). Sajian dilanjutkan pada tamu yang berkunjung yang menampilkan berbagai macam snack termasuk kue onde-onde mengerucut pada kue onde-onde berbentuk bola(volume bangun ruang bola).
Di akhir segmen disajikan bahasan ringkas tentang benda-benda yang berbentuk tabung, kerucut, bola lainnya, seperti tabung tempat bumbu, topi caping, donat berbentuk bola bertabur gula putih.
Segmen #2
Diawali dengan adegan seseorang yang sibuk mengumpulkan beberapa benda, yaitu bola, tali, paku, dan pisau. Sajian dilanjutkan dengan ajakan kepada pemirsa untuk mencermati sebuah percobaan (Math-project) mengukur luas permukaan bola menggunakan beberapa alat bantu seperti disebut di atas. Dan, membahas rumus menghitung luas (permukaan bidang sisi lengkung) bola.
Di akhir segmen disajikan secara ringkas repetisi (menggunakan idiom : Ingat-Ingat!) tentang rumus menghitung luas bola, yang disertai dengan gambar/grafis benda-benda yang berbentuk bola.
Segmen #3
Sajian diawali dengan pertandingan final Piala Dunia pada tahun 1998 di Perancis. Keriuhan suasana pertandingan lalu berpindah ke sebuah pesawat televisi di sebuah rumah di Kadipaten (Kab. Majalengka). Seisi rumah sedang asyik menonton pertandingan itu, termasuk pak H. Irwan Suryanto, sang tuan rumah. Pak Irwan tampak senang dan bangga menonton pertandingan tersebut. Kenapa bangga? Tentu saja, karena bola yang disepak-sepak itu adalah karya para perajin binaannya di kabupaten Majalengka.
Sajian lalu berpindah kepada adegan rekonstruksi saat order atau pesanan bola itu datang. Pemirsa diajak untuk mencermati bagaimana cara atau tahapan pembuatan bola. Lalu, pemirsa diajak untuk berlatih bagaimana sebelum bola itu dibuat harus disiapkan terlebih dahulu beberapa hal, seperti desain, menghitung kebutuhan bahannya, pemesanan bahan dan sebagainya. Pada saat kegiatan perhitungan kebutuhan bahan baku disajikan kasus pesanan bola sebanyak 2000 buah tersebut. Kasus ini kemudian dibahas, khusus yang berkaitan dengan perhitungan kebutuhan bahan baku melalui pendekatan perhitungan luas bola.
Menjelang akhir segmen 3 ini akan disajikan kembali secara singkat (menggunakan idiom: Ingat-ingat) apa-apa saja yang telah dibahas pada episode ini.
Sebagai penutup, disajikan cuplikan pendapat masyarakat tentang matematika dan
aplikasinya dalam keseharian mereka (siswa, guru, public figure, selebritis, pedagang,
sopir kendaraan umum, dan sebagainya
13. TREATMENT :
SCENE | VIDEO | AUDIO | |
Kategori: Formal KTSP Materi Pelajaran: Matematika Sasaran: Siswa SMP Kelas 9 Topik/Judul: Luas Bola Sutradara: Durasi: 24 menit Tahun Produksi: 2008 | | ||
COLOUR BAR | COLOUR BAR TONE | ||
COUNTDOWN | COUNTDOWN AUDIO | ||
LOGO DIKNAS | |||
BUMPER PROGRAM (OBB) Programme ID dan Theme Songs (30 sec) | OBB MUSIC FADE IN OBB MUSIC FADE OUT | ||
SEGMEN – 1 | |||
TEASER – 30 sec | |||
Diawali dengan sajian tempat air minum berbentuk tabung yang terbuat dari plastik di atas meja. Tiba-tiba muncul tangan mengambilnya. Cut to seseorang berjalan di pinggir jalan membawa tempat air minum berbentuk tabung yang ditaruh di kantung berbentuk jaring tas punggungnya. Saat tempat air minum tabung diambil di zoom-in(BCU), tempat air minum lalu berubah(morphing) menjadi tenda kerucut dan masuk pada ramainya anak-anak pramuka berkemah dengan menggunakan tenda kerucut. Dari tenda kerucut dengan pola yang sama (yaitu morphing) berubah lagi menjadi kue onde-onde dan masuk pada acara keluarga yang menampilkan berbagai macam snack termasuk kue onde-onde yang berubah menjadi buah duku, buah melon, bola pingpong, bola kasti, bumi, planet lainnya. | Teaser Music InSFX suara mobil lalu lalang Hening SFX keriuhan perkemahan pramuka Hening SFX keramaian acara keluarga Hening Teaser Music Out | ||
| Super Impose Judul : L | ||
SAJIAN MATERI – 6 min | |||
Stock shot dan Footages Anak-anak sekolah yang berjalan dengan membawa tempat air minum berbentuk tabung yang diselipkan di kantung tas punggung. CUT TO: Moving Photo/Grafis Tempat air minum tabung Dissolve to Stock shot dan Footages Air minum matang yang berada di dalam teko dan kemasan air minum lainnya. Cut to air minum matang yang dihidangkan untuk tamu. CUT TO: Stock shot dan Footages
Stock shot dan Footages Close Up Tempat air minum tabung Morphing to grafis tempat air minum tabung dengan tanda, notasi, serta teks yang menunjukkan hal-hal yang disebutkan narrator. CUT TO: Stock shot dan Footages
- Tenda kerucut yang dipakai suku Indian pada film-film suku Indian - Tenda kerucut berjejer dengan berbagai macam tenda di pusat penyewaan tenda - Grafis/animasi: tenda kerucut beserta keterangan (S/I: Teks) tentang unsur- unsurnya sesuai narasi. - Animated photo: tenda kerucut, dan bahan-bahan pembuatnya. CUT TO: Stock shot dan Footages - Kue onde-onde yang disajikan secara apik di piring beserta kue-kue lainnya - Kue onde-onde yang sedang digoreng di minyak panas - Seseorang sedang menikmati kue onde-onde CUT TO Stock shot dan Footages - Kue onde-onde mini yang dijual secara kaki lima gerobak di pinggir jalan. - CU: kue onde-onde di etalase toko kue - Seorang pedagang kue yang duduk di pinggir jalan sedang melayani pembeli yang membeli kue onde-onde CUT TO: Grafis/animasi: Kue onde-onde beserta keterangan (S/I: Teks) tentang unsur-unsurnya sesuai narasi. CUT TO: Stock shot, Footages dan Moving Photo/Grafis Celengan tabung dissolve to topi ulang tahun kerucut, matahari, wadah bumbu tabung, tenda kerucut, kelereng. Moving Photo/Grafis Tempat parfum tabung, museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, bola sepak | VO NARATOR TEMPAT AIR MINUM TABUNG Siapa yang tidak pernah membawa air minum dalam bepergian? Tahukah kalian dengan membawa air minum matang, tubuh kita akan lebih sehat dan sudah tentu menghemat pengeluaran dalam perjalanan karena tidak perlu membeli air mineral. Dulu sebelum air mineral populer dijual dalam kemasan, orang pergi kemana-mana dengan membawa air minum matang dalam tabung atau singgah ke rumah penduduk untuk sekedar meminta air penghilang rasa haus. Air minum matang dapat mencegah berbagai penyakit khususnya penyakit diare, yang biasanya timbul karena air minum tidak dimasak sampai mendidih. Sekarang berbagai macam kemasan air minum yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana dijual di pasar tradisional dan supermaket. Dari yang berbentuk seperti botol, kotak sampai tabung. Tempat air minum berbentuk tabung dapat dijumpai dimana-mana. Dari yang desainnya menarik sampai minimalis. Tidak hanya pelajar yang membawa, juga orang-orang dewasa. TENDA KERUCUT Perkemahan merupakan salah satu acara favorit bagi pelajar. Perkemahan di alam terbuka melatih anak-anak untuk belajar berani dan mandiri. Tenda kerucut biasanya menjadi pilihan tempat istirahat dan tidur para peserta kemah. Tenda kerucut ini biasanya dipakai suku Indian jaman dulu sebagai rumah, karena mereka hidupnya memang berkelompok dan berpindah-pindah. Selain tenda kerucut juga ada berbagai macam bentuk seperti Tenda Plafon, Tenda Kerucut, Tenda Canopy, Tenda Dekor, Tenda Ridging, Tenda Gudang KUE ONDE-ONDE Berbagai macam snack yang dihidangkan di acara-acara formal dan non formal. Salah satunya kue tradisional Onde-onde yang berbentuk bola dan isinya kacang hijau. Onde-onde ini biasanya dilapisi wijen dan digoreng. Kacang hijau yang diisi juga dikira-kira supaya tidak merusak lapisan kulit onde-onde. Kue onde-onde merupakan salah satu kuliner bangsa yang perlu dilestarikan. Saat ini kue onde-onde dapat ditemui di pasar tradisional dan juga toko kue. Rasa dan aroma kacang hijau yang manis berbaur dengan rasa wijen membuat kue onde-onde ini mempunyai cita rasa sendiri dibandingkan kue lainnya. Kue onde-onde ini akan terasa renyah dan gurih bila dimakan pada saat panas. Saat ini sudah ada kue onde-onde mini yang biasanya dijual secara kaki lima di pinggir-pinggir jalan. SUMMARY Di sekeliling kita masih banyak lagi benda ruang seperti celengan berbentuk tabung, topi ulang tahun kerucut, matahari, wadah bumbu tabung, tenda kerucut, kelereng. Musik Out | ||
Bumper OUT – 5 sec | |||
BREAK – 1 | |||
Bumper IN – 5 sec | |||
| SEGMEN – 2 | ||
TEASER – 30 sec | |||
Stock shot & Footage: - Seseorang anak mengambil tempat air minum tabung dari meja dan duduk - Dia melihat-lihat fotonya di depan tenda kerucut saat perkemahan pramuka - Anak itu mengambil dan memakan kue onde-onde diatas meja | Teaser Music InTeaser Music Out | ||
SAJIAN MATERI – 6 min | |||
Stockshot, footage, dan graphics : - Aneka macam benda berbentuk tabung di supermaket seperti kaleng susu, kaleng cocktail, kaleng ikan sarden - Aneka motif topi ulang tahun di toko perlengkapan ulang tahun - Aneka macam bola yang ada di gelanggang olahraga dari bola voli, bola sepak, bola basket dan sebagainya. | VO : Bicara mengenai benda ruang adalah benda-benda yang memiliki volume dan merupakan benda tiga dimensi. Macam-macam benda ruang seperti tabung, kerucut, bola Sekarang kita akan berbicara mengenai volume tabung, volume kerucut dan volume bola | ||
INT – STUDIO | VO : | ||
Graphics/Animations : Sebuah tempat air minum tabung, tenda kerucut dan kue onde-onde | Nah teman-teman mari kita mengingat kembali mengenai rumus benda ruang yang pernah kita pelajari yaitu tabung, kerucut dan bola. | ||
Graphics/Animations : Sebuah tempat air minum tabung | Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang yang berbentuk lingkaran sebagai sisi alas dan sisi atas dan sebuah bidang lengkung yang merupakan sisi tegak yang disebut selimut tabung. | ||
Super Impose – Text: - Menghitung besarnya volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”Volume tabung = πr² t” r = jari-jari tabung t = tinggi tabung | Masih ingat rumus volume tabung? Ya.. rumus volume tabung sama dengan πr2 t | ||
Graphics/Animations : Sebuah tenda kerucut | Kerucut memiliki sisi alas berbentuk lingkaran dan sisi tegak berupa bidang lengkung yang disebut selimut kerucut. Jadi suatu kerucut dibatasi oleh dua sisi, yaitu sisi alas dan selimut kerucut. | ||
Super Impose – Text: - Menghitung besarnya volume kerucut Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”Volume kerucut= πr² t” r = jari-jari kerucut | Kalian ingat volume kerucut? Ya benar Volume kerucut yaitu =1/3 π r ² r = 1/3 π r ³ | ||
Graphics/Animations : Sebuah tenda kerucut” | Bola tidak mempunyai titik sudut dan rusuk. Bola hanya memiliki satu bidang sisi yang lengkung.(pause) | ||
Super Impose – Text: - Menghitung besarnya volume bola Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ” Volume bola = 4/3 π r ³, dengan r = jari-jari bola | Kalian ingat volume bola? Ya benar volume bola yaitu V = 4/3 π r 3, | ||
BUMPER INGAT-INGAT – 30 sec | |||
Footage/Stockshot : - Tempat air minum tabung - Tenda kerucut - Kue onde-onde Super Impose – Text : -”Volume tabung = πr² t” - ”Volume kerucut= πr² t” - ” Volume bola = 4/3 π r ³ Note : Insert gambar tempat air minum tabung berubah menjadi tenda kerucut, kue onde-onde, celengan tabun, tenda sirkus, bola basket | Music Fade-in Music Fade-out | ||
Bumper OUT – 5 sec | |||
BREAK – 2 | |||
Bumper IN – 5 sec | |||
SEGMEN – 3 | |||
TEASER – 30 sec | |||
Stockshot & Footage & Graphic: - Aneka alat peraga ilmu pengetahuan di Museum teknologi di TMII - Murid-murid sedang mengamati percobaan matematika dengan bandul yang bergoyang | Music Fade-in Music Fade-out | ||
SAJIAN MATERI – 6 min | |||
Stockshot, footage, graphics : - sebuah bandul kombinasi antara tabung dan kerucut - sebuah bola tepat menempati sebuah tabung - benda berbentuk ½ bola berisi pasir penuh dan wadah yang berbentuk tabung - sebuah kerucut DISSOLVE TO | Teman-teman, sekarang kita mengulang lagi materi yang pernah kita bahas | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Kerucut: - Diameter 20 - Tinggi ½ dari diameternya Tabung - Tinggi 15 cm (hold: 10 detik) | Sebuah bandul berbentuk gabungan antara tabung dan kerucut. Diameter kerucut 20 cm, tinggi tabung 15 cm dan tinggi kerucut ½ dari dimeternya. Hitunglah volume bandul. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text :
| Ada beberapa langkah untuk mengetahui volume bandul(pause) Tugas teman-teman disini adalah mengurutkan langkah-langkah tersebut, sehingga menjadi urutan perhitungan yang benar. (pause) | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : d. Menghitung jari-jari kerucut e. Menghitung tinggi kerucut c. Menghitung volume tabung b. Menghitung volume kerucut a. menghitung volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ” r = d/2” | Tentu saja kalian bisa mengurutkannya, Urutan pertama adalah menghitung jari-jari kerucut yaitu poin d., Karena diketahui diameternya Masih ingat rumus mencari jari-jari bila yang diketahui adalah diameter?? Ya benar… jari-jari atau r sama dengan diameter dibagi 2. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : b. Menghitung jari-jari kerucut e. Menghitung tinggi kerucut c. Menghitung volume tabung b. Menghitung volume kerucut a. menghitung volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ” t = r” | Mari kita lanjutkan Urutan kedua adalah…. menghitung tinggi kerucut, jadi poin e. Karena tinggi kerucut sama dengan ½ diameter maka tinggi kerucut sama dengan tinggi jari-jari atau r Kita tinggal substistuskan hasil perhitungan jari-jari atau r pada langkah pertama tadi | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : b. Menghitung jari-jari kerucut e. Menghitung tinggi kerucut c. Menghitung volume tabung b. Menghitung volume kerucut a. menghitung volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”Volume tabung = πr² t” | Nah… urutan langkah selanjutnya adalah mengetahui volume tabung, point c. Masih ingat rumus volume tabung ? Ya, Volume tabung yaitu πr² t” Sekarang kita subtitusikan hasil perhitungan r atau jari-jari kerucut dengan tinggi kerucut pada langkah pertama tadi. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : b. Menghitung jari-jari kerucut e. Menghitung tinggi kerucut c. Menghitung volume tabung b. Menghitung volume kerucut a. menghitung volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”Volume tabung = 4/3 πr² t” | Urutan selanjutnya adalah mengetahui volume kerucut, point b. Masih ingat rumus volume kerucut ? Ya, Volume kerucut yaitu 4/3 πr² t” dengan r = jari-jari kerucut dan t = tinggi kerucut Sekarang kita subtitusikan hasil perhitungan r atau jari-jari kerucut dengan tinggi kerucut pada langkah pertama tadi. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : b. Menghitung jari-jari kerucut e. Menghitung tinggi kerucut c. Menghitung volume tabung b. Menghitung volume kerucut a. menghitung volume tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”Volume bandul = volume tabung + volume kerucut” | Nah sekarang kita berada pada langkah terakhir yaitu mencari volume bandul point a Ya kalian benar.. karena volume bandul merupakan penggabungan volume tabung dengan hasil volume kerucut, maka kita tinggal menambahkan hasil volume tabung dengan dengan hasil volume kerucut | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Kerucut: - Diameter 20 - Tinggi ½ dari diameternya Tabung - Tinggi 15 cm (hold: 10 detik) | Kalau kalian tertarik untuk melakukan perhitungannya, berikut ditampilkan lagi serta informasi yang perlu diketahui (pause) | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung. Jari-jari bola adalah 14 cm, hitunglah volume udara dalam tabung tetapi diluar bola | ||
Graphics/Animations Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) :
| Nah, tugas teman-teman yang pertama ialah menghitung volume udara dalam tabung tetapi diluar bola (pause) | ||
Graphics/Animations Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) :
Teks: ” t = r” | Sekarang kita mencari volume tabung terlebih dahulu Masih ingat rumus menghitung volume tabung? Ya benar, volume tabung yaitu πr² t” | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) :
Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ” V= 4/3 π r ³” | Mari kita lanjutkan Selanjutnya menghitung volume bola Masih ingat rumus volume bola? Ya.. benar, volume bola yaitu 4/3 π r ³ Sama seperti langkah pertama kita tinggal substistusikan jari-jari atau r dan tinggi atau t pada rumus volume bola | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola tepat menempati sebuah tabung (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) :
Teks: ”Volume udara di dalam tabung tapi diluar bola = volume tabung – volume bola” | Nah sekarang kita berada pada langkah terakhir yaitu volume udara di dalam tabung tetapi diluar bola. Ya kalian benar.. karena volume udara di dalam tabung tetapi diluar bola maka kita harus menghitung volume tabung dikurangi dengan volume bola | ||
Graphics/Animations : Sebuah bandul (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Kalau kalian tertarik untuk melakukan perhitungannya, berikut ditampilkan lagi serta informasi yang perlu diketahui (pause) | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasri (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Sebuah benda berbentuk ½ bola mempunyai diameter 10 cm. benda tersebut berisi pasir penuh, kemudian pasir tersebut dituang ke dalam wadah yang berbentuk tabung. Diameter tabung sama dengan diameter bola. Berapa tinggi tabung? | ||
Graphics/Animations : : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasri (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : a.Menghitung tinggi tabung b. Menghitung volume ½ bola c. Menghitung jari-jari bola d. Menghitung jari-jari tabung e. Menghitung volume tabung | Tugas teman-teman disini adalah mengurutkan langkah-langkah tersebut, sehingga menjadi urutan perhitungan yang benar. (pause) | ||
Graphics/Animations : : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasri (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : c.Menghitung jari-jari bola b.Menghitung volume ½ bola e. Menghitung jari-jari tabung d. Menghitung volume tabung a. Menghitung tinggi tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”r = d/2” | Tentu saja kalian bisa mengurutkannya, Urutan pertama adalah menghitung jari-jari bola Kalian ingat rumus mencari jari-jari atau r bola?? Benar.., untuk mencari jari-jari atau r bola bila diketahui diameter yaitu diameter atau d dibagi 2 | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasir (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : c.Menghitung jari-jari bola b.Menghitung volume ½ bola e. Menghitung jari-jari tabung d. Menghitung volume tabung a. Menghitung tinggi tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”V ½ bola= ½. 4/3 π r ³ ” | Mari kita ke urutan selanjutnya yaitu menghitung ½ volume bola Pasti kalian ingat rumus mencari volume bola Iya, mencari volume bola yaitu 4/3 π r ³ Sekarang kita subsitusikan jari-jari atau r ke dalam rumus diatas. Karena volume bolanya hanya setengah jangan lupa, hasil volume bola dibagi dua. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasir (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : c.Menghitung jari-jari bola b.Menghitung volume ½ bola e. Menghitung jari-jari tabung d. Menghitung volume tabung a. Menghitung tinggi tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: V tabung = V ½ bola | Urutan selanjutnya kita menghitung volume tabung Ya kalian benar, karena dikatakan pasir dari wadah setengah bola saat dipindahkan ke tabung memenuhi wadah tabung maka volume tabung sama dengan volume ½ bola. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasir (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : c.Menghitung jari-jari bola b.Menghitung volume ½ bola e. Menghitung volume tabung d. Menghitung jari-jari tabung a. Menghitung tinggi tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”d tabung = d bola r tabung = r bola | Langkah selanjutnya menghitung jari-jari tabung. Ya benar…, karena dikatakan kalau diameter tabung sama dengan diameter bola maka jari-jari tabung sama dengan jari-jari bola. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasir (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text(animasi -perpindahan urutan) : c.Menghitung jari-jari bola b.Menghitung volume ½ bola e. Menghitung volume tabung d. Menghitung jari-jari tabung a. Menghitung tinggi tabung Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ”V tabung = πr² t V tabung = t πr² | Langkah yang terakhir adalah menghitung tinggi tabung. Bagaimana caranya???? Ya…, kita dapat mengetahui tinggi tabung dari volume tabung dan jari-jari tabung. Pertama-pertama kita harus ingat dulu cara menghitung volume tabung yaitu pr2 t Sekarang kita tinggal subsitusikan hasil volume tabung dan jari jari tabung ke dalam rumus volume tabung. Maka kita akan mendapatkan tinggi tabung. | ||
Graphics/Animations : Sebuah bola benda berbentuk ½ bola berisi pasri (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Kalau kalian tertarik untuk melakukan perhitungannya, berikut ditampilkan lagi serta informasi yang perlu diketahui (pause) | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Sebuah kerucut dengan panjang jari-jari r dan tingginya r. Bila kerucut ini diisi dengan air penuh, kemudian dituangkan dalam setengah bola, maka setengah bola dapat menampung tepat dua kali volume kerucut. | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text: Benarkah dua kali volume kerucut dapat menampung volume setengah bola? (hold: 10 detik) | Nah, mari kita coba membuktikan benarkah dua kali volume kerucut dapat menampung volume setengah bola? | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: V = 1/3 πr² t = 1/3 πr² r = 1/3 πr³ (hold: 10 detik) | Kalian ingat cara menghitung volume kerucut? Ya …., rumus volume kerucut yaitu 1/3 πr² t Karena tinggi kerucut adalah r maka kita subsitusikan ke dalam rumus volume kerucut Volume kerucut = 1/3 πr² t = 1/3 πr² r = 1/3 πr³ | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Window (di pojok kanan atas frame) : Teks: ½ V bola = 2 V kerucut = 2 x1/3 x π x r ³ = 2/3 x π x r ³ (hold: 10 detik) | Dikatakan kalau setengah bola dapat menampung tepat dua kali volume kerucut. Jadi ½ V bola = 2 V kerucut = 2 x1/3 x π x r ³ = 2/3 x π x r ³ | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Window (di pojok kanan atas frame) : Text: 2 x ½ V bola = V bola 2 x 2/3 x π x r ³ =4/3 π r ³ 4/3 π r ³ = 4/3 π r ³ (hold: 10 detik) | Langkah selanjutnya ialah menyamakan rumus setengah volume bola yang kita bahas diatas dengan rumus volume bola Kalian ingat rumus volume bola? Ya, benar…., rumus bola yaitu 4/3 π r ³ Sekarang mari kita samakan 2 x ½ V bola = V bola 2 x 2/3 x π x r ³ = 4/3 π r ³ 4/3 π r ³ = 4/3 π r ³ | ||
Graphics/Animations : Sebuah kerucut diisi dengan air penuh dan setengah bola (sebagai background), animasi sesuai penjelasan. Super Impose – Text : Bola:
| Kalau kalian tertarik untuk melakukan perhitungannya, berikut ditampilkan lagi serta informasi yang perlu diketahui (pause) | ||
BUMPER INGAT-INGAT | |||
Wrapped-up Footages & Stockshots : - seserorang minum dari tempat air minum tabung - Tenda kerucut yang berjajar - Seseorang sedang makan kue onde- onde Super Impose – Text (muncul bergantian): - “Volume tabung = π r² t - “Volume kerucut = 1/3 π r ³” - “Volume bola = 4/3 π r ³” | Nah, teman-teman dengan pengulangan pelajaran ini sekarang kalian bisa kan mengetahui volume benda ruang dengan jelas? Semoga bermanfaat dalam kehidupan. | ||
CLOSING – 60 sec (Celoteh Matematika) | |||
16 | EXT – SIANG | ||
Stockshots : Hasil liputan lapangan tentang pendapat/kesan/manfaat/dsb, masyarakat/pelajar/siapapun tentang matematika. | Music Fade in Music Fade out |
0 komentar:
Post a Comment